Kamis, 26 Januari 2017

SURAT TERBUKA MASYARAKAT PINGGIR REL MEDAN-BELAWAN



Ketua FK-MPR JM. NAIBAHO


SUARA DARI PINGGIR REL

Yang Terhormat,
Presiden RI,DPR RI, DPD RI, KOMNAS HAM, MENTRI PERHUBUNGAN, MENTRI LHK, OMBUSMAN RI, KPK RI dan Segenap Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia

Dengan hormat,
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai kita dalam setiap aktivitas kita sehari-hari.
Bersamaan dengan surat ini, kami ingin menyampaikan kekecewaan dan tuntutan kami terkait berjalannya pembangunan Rel Kereta Api Medan–Belawan dengan pengambilan kebijakan yang berdampak buruk bagi kami. Berikut kami juga sangat menyesalkan pembangunan ini yang tidak mengindahkan komunikasi dengan warga dan mempertanyakan terkait Tali asih dari PT. KAI DIVRE I SU senilai Rp 1.500.000,- yang diberikan kepada warga dengan cara intimidasi oleh  TNI (Kolonel Sarman Nadeak dan Kapten Marinir Sukardi). Warga yang menerima tali asih ini diminta untuk menandatangani selebaran tanpa berita acara sebagai pertinggal. Pergolakan ini dimulai pada bulan Februari 2016 hingga saat ini.
Kami mempertanyakan sikap Pemerintah Kota Medan  (Eldin) dan Provinsi Sumatera Utara (Erry) yang tidak pernah datang kelokasi untuk melihat kondisi warga yang digusur secara paksa yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Kembali kami tegaskan bahwasanya kami tidak pernah menolak pembangunan. Tetapi, kami sebagai warga negara Republik Indonesia memohon untuk diperlakukan dengan manusiawi.
Beberapa hal lain yang kami lihat adalah berjalannya Pembangunan rel tanpa Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sebagaimana termaktub dalam Permen LH No. 16 Tahun  2012 tentang Pedoman Penyusunan AMDAL, Permen LH No. 17 Tahun  2012 tentang Keterlibatan Masyarakat dalam proses AMDAL yaitu Lingkungan Hidup.
Dengan ini kami mohon untuk semua pihak memberi perhatian kepada kamii dan melakukan penyelidikan menyeluruh akan penyelenggaraan pembangunan ini. Demikianlah surat ini kami perbuat, terimakasih.

Demikian disampaikan Forum Komunikasi Masyarakat Pinggir Rel (FK-MPR) Medan (Ketua JM. NAIBAHO)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar